Logo Bloomberg Technoz

Pasar Saham Anjlok, China Pecat Bos Regulator Pasar Modal

News
07 February 2024 19:20

President China Xi Jinping. (Dok: Bloomberg)
President China Xi Jinping. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Pemimpin regulator pengawas pasar modal China diganti secara tiba-tiba di tengah penurunan tajam pasar saham negara tersebut.

Menurut laporan kantor berita Xinhua, Wu Qing akan menggantikan Yi Huiman sebagai ketua dan kepala partai Komisi Pengawas Sekuritas China (CSRC). Dia dikenal sebagai seorang veteran perbankan yang mendapat julukan "algojo pialang" karena aksinya memimpin penggalangan dana terhadap para pedagang saham di pertengahan tahun 2000-an.

Pergantian ini terjadi setelah otoritas China berjuang keras untuk menghentikan aksi jual di pasar saham terbesar kedua di dunia tersebut. Padahal, mereka sudah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk mendukung ekonomi selama beberapa bulan terakhir. Nilai pasar saham China dan Hong Kong telah anjlok sekitar US$7 triliun dari puncaknya di tahun 2021.

"Menurut saya, ini sudah terlambat. Jika satu pemimpin tidak bisa menyelesaikan tugasnya, mungkin kita perlu memberi kesempatan kepada orang lain," kata Jiang Liangqing, Direktur Pelaksana di Zhuhai Greenbamboo Private Fund Management.