Logo Bloomberg Technoz

Timteng Makin Panas, China, Rusia, Iran Latihan Militer Bersama

Redaksi
07 February 2024 14:00

Ilustrasilatihan militer bersama Amerika Serikat-Korea Selatan. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasilatihan militer bersama Amerika Serikat-Korea Selatan. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - China akan mengadakan latihan angkatan laut bersama dengan Iran dan Rusia dalam beberapa minggu mendatang. Saat ini milisi Houthi yang didukung Iran dan pasukan AS saling melancarkan serangan di Timur Tengah.

Melansir South China Morning Post, Rabu (7/2/2024), media Iran dan Rusia mengutip Laksamana Muda Shahram Irani, komandan angkatan laut Iran, mengatakan bahwa latihan tersebut akan diadakan sebelum akhir Maret dan ditujukan untuk "keamanan regional."

Menurut kantor berita Iran, Tasnim--yang menyebut latihan ini sebagai "permainan perang"--Irani mengatakan bahwa sejumlah negara lain telah diundang untuk ikut serta dalam latihan ini.

Laporan tersebut tidak menyebutkan di mana latihan itu akan dilakukan, tetapi angkatan laut dari ketiga negara tersebut melakukan latihan trilateral di Teluk Oman pada Maret tahun lalu.

Latihan tahun ini dilakukan ketika ketegangan memanas di Timur Tengah, dengan koalisi yang dipimpin AS meluncurkan serangan putaran ketiga terhadap target-target Houthi di Yaman pada Sabtu.