Logo Bloomberg Technoz

MicroStrategy Bukukan Laba dari Keuntungan Kepemilikan Bitcoin

News
07 February 2024 10:10

Bitcoin. (Dok: Bloomberg)
Bitcoin. (Dok: Bloomberg)

Olga Kharif - Bloomberg News

Bloomberg, MicroStrategy Inc, pembuat perangkat lunak perusahaan yang merupakan pemegang Bitcoin terbesar yang diperdagangkan secara publik, kembali meraih keuntungan pada kuartal keempat setelah mendaftarkan keuntungan pajak yang terkait dengan kepemilikan mata uang kripto tersebut.

Perusahaan yang berbasis di Tysons Corner, Virginia yang dijalankan oleh pendukung Bitcoin, Michael Saylor, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka membukukan laba bersih sebesar $89,1 juta atau $4,96 per saham, dibandingkan dengan kerugian $249,7 juta atau $21,93, setahun sebelumnya. Pendapatan turun 6,1% menjadi $124,5 juta, meleset dari estimasi analis sebesar $133 juta.

MicroStrategy harus mengambil biaya penurunan nilai untuk mencatat nilai Bitcoin-nya ketika harga turun, tetapi tidak dapat mengakui kenaikan apa pun seperti lonjakan hampir 60% pada kuartal terakhir. Hal ini berubah di bawah aturan akuntansi yang baru-baru ini disahkan yang mengharuskan penilaian aset digital pada harga pasar.

Perusahaan memiliki waktu hingga 2025 untuk mengimplementasikan revisi tersebut. MicroStrategy tidak mengadopsi revisi tersebut untuk kuartal keempat, melainkan mencatat kerugian penurunan nilai aset digital sebesar $39,2 juta.