Logo Bloomberg Technoz

Dongkrak Bursa Saham, Xi Jinping akan Diskusi dengan Regulator

News
06 February 2024 14:30

President China Xi Jinping. (Dok: Bloomberg)
President China Xi Jinping. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Presiden China, Xi Jinping, dikabarkan akan menerima laporan dari para regulator tentang kondisi pasar keuangan. Hal ini menandakan adanya urgensi bagi Beijing untuk menopang bursa saham yang sedang anjlok.

Menurut sumber yang mengetahui masalah ini, regulator yang dipimpin oleh Komisi Pengawas Sekuritas China (CSRC) berencana memberikan penjelasan kepada Xi terkait kondisi pasar dan kebijakan terbaru pada awal pekan ini. Waktu pertemuan masih bisa berubah dan belum jelas apakah akan ada langkah dukungan baru yang diumumkan setelahnya.

Langkah ini menyoroti tekanan yang semakin besar pada otoritas China untuk menghentikan penurunan saham setelah sebelumnya berbagai upaya selama beberapa bulan terakhir gagal meningkatkan kepercayaan investor. Sekitar US$7 triliun nilai pasar telah hilang dari bursa saham China dan Hong Kong sejak mencapai puncaknya pada tahun 2021.

Pada Selasa (6/2), otoritas mengeluarkan serangkaian pengumuman dukungan. Termasuk janji dari Central Huijin Investment Ltd, unit yang memegang saham pemerintah China di lembaga keuangan besar, untuk membeli lebih banyak exchange-traded fund (ETF) guna menjaga kelancaran operasi pasar modal. CSRC dalam komentar lanjutannya menyatakan akan berupaya semaksimal mungkin untuk mempertahankan stabilitas operasi pasar.