Logo Bloomberg Technoz

Anggota Kongres DPR telah lebih dulu diberi pengarahan pada Minggu malam tentang tindakan pemerintah, menurut seorang sumber yang mengetahui pertemuan tersebut.

Penanda di luar kantor pusatSilicon Valley Bank (SVB) di Santa Clara, California, AS. (David Paul Morris/Bloomberg)

Pernyataan Biden hari Minggu itu muncul setelah Departemen Keuangan AS, bank sentral AS The Federal Reserve, dan Federal Deposit Insurance Corp. bersama-sama mengumumkan upaya untuk memperkuat kepercayaan pada sistem perbankan setelah kekacauan terkait SVB yang memicu kekhawatiran akan terjadi efek lanjutan.

Nasabah SVB “akan memiliki akses ke semua uang mereka mulai Senin, 13 Maret,” kata pemerintah dalam sebuah pernyataan. Pemerintah juga berjanji bahwa pembayar pajak tidak akan bertanggung jawab atas kerugian yang terkait dengan resolusi SVB.

Pemerintah juga mengatakan Signature Bank telah ditutup oleh regulator keuangan negara bagian New York pada Minggu dan semua nasabah akan bisa mengakses uang mereka pada Senin.

Biden pun menegaskan kembali bahwa warga AS harus tetap percaya diri pada sistem perbankan negara.

“Warga Amerika dan pelaku usaha Amerika perlu memiliki keyakinan bahwa simpanan bank mereka akan tersedia saat mereka membutuhkannya,” katanya.

--Dengan asistensi Steven T. Dennis.

(bbn)

No more pages