Logo Bloomberg Technoz

Erick Ungkap Alasan Pertamina Tahan Harga BBM Saat SPBU Lain Naik

Wike Dita Herlinda
04 February 2024 12:45

Menteri BUMN Erick Thohir. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Menteri BUMN Erick Thohir. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjelaskan alasan PT Pertamina (Persero) tidak menyesuaikan harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi pada Februari, pada saat SPBU swasta lainnya kompak menaikkan harga.

Erick tidak menampik harga minyak dunia dan kurs memang mengalami kenaikan memasuki bulan kedua tahun berjalan. Namun, Pertamina menjadi satu-satu operator SPBU yang tidak merevisi harga BBM-nya sesuai ketentuan Kepmen ESDM No.245.K/MG.01/MEM.M/2022 sebagai perubahan atas Kepmen No 62/K/12/MEM/2020 tentang Formulasi Harga JBU atau BBM Non Subsidi.

"Keputusan Pertamina tidak menaikkan harga BBM tentu baik untuk menjaga stabilitas dan juga daya beli masyarakat. Di sinilah peran BUMN kepada masyarakat." ujar Erick melalui keterangan resmi kementerian, dikutip Minggu (4/2/2024).

Dia berdalih Pertamina bisa menahan harga BBM nonsubsidi pada Februari lantaran perseroan berhasil melakukan efisiensi dalam proses bisnisnya, sehingga sanggup memproduksi bahan bakar dengan harga kompetitif.

Seorang petugas mengisi bahan bakar jerigen dengan solar di SPBU PT Pertamina di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan./Bolomberg-Dimas Ardian

Terkait dengan efisiensi tersebut, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyebut perseroan selama ini melakukan efisiensi melalui digitalisasi yang terintegrasi pada semua proses bisnis dari hulu ke hilir.