Logo Bloomberg Technoz

Alasan Ahok Akhirnya Lepas Jabatan Komisaris Utama Pertamina

Azura Yumna Ramadani Purnama
03 February 2024 18:45

Foto kolase surat pengunduran diri Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai Komut PT Pertamina (Persero). (Tangkapan Layar Instagram @basukibtp)
Foto kolase surat pengunduran diri Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai Komut PT Pertamina (Persero). (Tangkapan Layar Instagram @basukibtp)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengungkap alasan dirinya melepas jabatan Komisaris Utama di PT Pertamina (Persero). Dia mengklaim sudah lama ingin hengkang dari badan usaha milik negara (BUMN) tersebut.

"Sebenarnya sudah lama ingin mundur, tapi RUPS [Rapat Umum Pemegang Saham] nya mundur," kata Ahok di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (3/2/2024).

Sebelum mundur, Mantan Gubernur Jakarta tersebut ternyata ingin memastikan rencana kerja dan anggaran perusahaan (RKAP) yang dirancangnya lebih dulu masuk dan disahkan melalui RUPS. Hal ini penting untuk memastikan keberlanjutan pembenahan di tubuh perusahaan pelat merah tersebut.

Selain RKAP, Ahok juga mengklaim baru akan mundur usai disetujui dibentuknya jabatan baru pada direksi Pertamina, yaitu Direktur Managemen Risiko. Belakangan, Kementerian BUMN memasukkan dua jabatan baru yaitu Wakil Direktur yang diisi Wiko Migantoro dan Direktur Manajemen Risiko yang diisi Ahmad Siddik Badruddin.

"Itu sudah dilantik. Makanya saya berani lepas [Komut Pertamina]. Sudah itu ya," ujar Ahok.

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). (Tangkapan Layar Instagram @basukibtp)