Logo Bloomberg Technoz

Gurita Bisnis Raffi Ahmad & Sangkaan Pencucian Uang

Redaksi
02 February 2024 10:40

Raffi Ahmad. (Sumber: Instagram @raffinagita1717)
Raffi Ahmad. (Sumber: Instagram @raffinagita1717)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Artis yang juga pengusaha Raffi Ahmad ramai dibicarakan warga net, dimana sempat jadi trending di lini masa X. Selain sebagai artis, nama Raffi juga populer sebagai seorang wirausahawan atau pebisnis. 

Kiprah bisnis, yang dimulai dari seorang Youtuber, berkembang ke berbagai jenis bisnis yang membuat dia sempat dijuluki sebagai artis dengan pendapatan ataupun kekayaan terbesar. Pekan ini nama Raffi kembali meramaikan pemberitaan media setelah National Corruption Watch (NCW) memberikan pernyataan terkait aktivitas bisnis suami Nagita Slavina itu ditengarai terkait dengan pencucian uang.

Bisnis Raffi memang berkembang sangat cepat beberapa tahun belakangan. Dari bidang olahraga, kuliner, entertainment sampai tempat hiburan.

Bisnis entertainment Raff adalah akun YouTube ‘RANS Entertainment’ yang dibangun bersama Nagita menjadi salah satu yang tersukses. Dikutip dari beberapa sumber media di Indonesia, kanal YouTube dengan 25,9 juta subcribers itu diestimasikan menghasilkan US$14,1 ribu hingga US$232,2 ribu atau Rp215,43 juta hingga Rp3,44 miliar per bulan. 

RANS yang semakin besar telah mendapat dukungan dari beberapa sosok penting, salah satunya Kaesang Pangarep pada 2021. Lalu ada CEO SCMA Sutanto Hartono, Dirut InJourney holding BUMN Pariwisata, Dony Oskaria, dll. Raffi pun sempat mengumumkan RANS akan segera Initial Public Offering (IPO) di awal tahun 2023. Namun hingga sekarang belum juga terdaftar di BEI.