Logo Bloomberg Technoz

Survei Menunjukkan: Aktivitas Pabrik di China Kembali Berekspansi

News
01 February 2024 14:10

Buruh pabrik di China. (Dok: Bloomberg)
Buruh pabrik di China. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Sebuah survei swasta terhadap aktivitas pabrik China berekspansi untuk bulan ketiga di Januari. Hal ini kontras dengan pelemahan dalam data resmi yang telah mendorong permintaan tambahan untuk dukungan pemerintah.

Indeks manajer pembelian manufaktur Caixin mencapai 50,8 bulan lalu, sama dengan angka Desember dan sesuai dengan ekspektasi para ekonom. Angka di atas 50 mengindikasikan ekspansi dan angka di bawahnya menunjukkan kontraksi.

"Sektor manufaktur terus membaik di Januari, dengan penawaran dan permintaan yang meningkat," kata Wang Zhe, ekonom senior di Caixin Insight Group, dalam sebuah pernyataan yang menyertai rilis tersebut. "Namun, ketenagakerjaan tetap berada di zona kontraksi, tingkat harga masih rendah, dan tekanan deflasi masih berlanjut."

Aktivitas pabrik China. (Dok: Bloomberg)

Rilis ini muncul setelah data resmi minggu ini menunjukkan aktivitas di antara para produsen nasional mengalami kontraksi selama empat bulan berturut-turut di Januari. Kedua survei ini mencakup ukuran sampel yang berbeda, lokasi geografis dan jenis bisnis, dengan jajak pendapat Caixin secara umum telah mengungguli jajak pendapat resmi tahun lalu.