Logo Bloomberg Technoz

Beberapa ekonom mengatakan bahwa survei resmi mungkin memberikan gambaran yang lebih realistis mengenai perekonomian, dan perbedaannya bisa berasal dari kinerja perusahaan-perusahaan yang berorientasi ekspor yang relatif lebih kuat.

Apa yang dikatakan oleh Bloomberg Economics...

"Laporan PMI Caixin Januari gagal menangkap kelemahan dalam ekonomi China dalam cetakan topline, yang menunjukkan manufaktur stabil dan nyaman di atas garis air ... Namun, rincian dalam laporan Januari memperkuat pengamatan utama dari data PMI resmi--bahwa permintaan domestik lemah."

- Chang Shu, kepala ekonom Asia

Kepercayaan terhadap perekonomian terbesar kedua di dunia ini telah menurun meskipun pemerintah telah berupaya menambah stimulus, termasuk melalui langkah-langkah untuk mengucurkan lebih banyak uang tunai jangka panjang untuk bank-bank, memperketat aturan-aturan mengenai peminjaman saham untuk short selling, dan memperluas akses para pengembang untuk mendapatkan pinjaman. Kerugian pasar saham sebesar $6 triliun telah menggarisbawahi besarnya pukulan terhadap sentimen, dan upaya-upaya baru-baru ini tidak cukup untuk membalikkan keadaan.

Seiring dengan krisis properti yang telah berlangsung selama bertahun-tahun, tekanan deflasi telah disebut oleh para ekonom sebagai tantangan utama untuk pertumbuhan tahun ini. Para ekonom memperkirakan Beijing akan mengumumkan target pertumbuhan 2024 yang cukup ambisius ketika badan legislatif nasional bertemu di Maret, meskipun mempertahankan tingkat yang sama dengan target "sekitar 5%" tahun lalu mungkin sulit karena adanya basis perbandingan yang lebih tinggi.

"Untuk perbaikan nyata dalam pembacaan berikutnya, kita harus lebih memperhatikan kinerja permintaan, pesanan, dan harga," kata Liu Boyang, kepala penelitian di CNCB Hong Kong Investment Ltd. "Tren perbaikan mungkin akan berlanjut di Februari karena kebijakan fiskal akan lebih berpengaruh dan menstimulasi mata rantai industri yang relevan."

(bbn)

No more pages