Logo Bloomberg Technoz

Akuisisi Rampung, Bos TikTok Shop RI Jadi Dirut Baru Tokopedia

Rosmayanti
01 February 2024 13:00

Ilustrasi Tokopedia. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Tokopedia. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Tokopedia kini memiliki nahkoda baru dengan penunjukkan Vonny Ernita Susamto, menggantikan Melissa Siska Juminto. Keputusan pergantian Direktur Utama merupakan bagian dari kesepakatan kerja sama TikTok dan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) di perusahaan. Vonny merupakan wakil dari TikTok yang sebelumnya menduduki posisi Category Management di ByteDance sejak tahun 2021. 

Vonny yang merupakan lulusan ilmu administrasi bisnis dan manajemen Universitas Pelita Harapan angkatan 2002, menempati kursi nomor satu usai penyelesaian transaksi material antara di Tokopedia.

Vonny meniti karir profesional sejak tahun 2006, berposisi sebagai retail operations manager di Club 21 Jakarta, kemudian mendirikan Philosoph tahun 2013 dan berakhir 2017. Shiseido Cosmetics pernah jadi tempat berlabuhnya dalam karir sebagai brand manager, dan sebelumnya di ByteDance, ia menjadi category manager di Jet Commerce.

Vonny juga pernah mengepalai divisi inkubator di TikTok Shop Indonesia. Dengan berpindah jabatan menjadi Direktur Utama Tokopedia, Melissa kembali ke posisi sebelumnya, Direktur, bersama dengan Mengzhi Xu.

Ilustrasi Tokopedia. (Dok: Perusahaan)

Dewan komisaris masih terdapat nama-nama seperti Garibaldi Thohir (Boy Thohir), Patrick Sugito Walujo, Ran Gao, Chi-Jen Sung.