Logo Bloomberg Technoz

Resmi, TikTok Akuisisi Tokopedia Dengan Investasi US$1,5 M

Mis Fransiska Dewi
31 January 2024 17:00

Ilustrasi Tokopedia dan Tiktok (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Tokopedia dan Tiktok (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk mengumumkan penyelesaian transaksi investasi TikTok ke Tokopedia, pada hari ini, Rabu (31/1/2024). Dengan transaksi ini bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia secara resmi bergabung di bawah PT Tokopedia.

TikTok akan mengendalikan Tokopedia dengan kepemilikan saham 75,01%, sementara kepemilikan GOTO turun menjadi 24,99%. Proses integrasi layanan Tokopedia dan TikTok Shop dilaksanakan dengan konsultasi kepada kementerian dan lembaga terkait, sesuai peraturan yang berlaku.  

“Hari ini kami telah menyelesaikan transaksi kerjasama dengan TikTok, yang akan terus memberikan manfaat kepada Indonesia dan para pelaku UMKM. Ini juga merupakan langkah besar bagi Grup GoTo," ujar ujar Direktur Utama Grup GoTo, Patrick Walujo, Rabu (31/1/2024). 

Direktur Eksekutif, E-commerce, TikTok Indonesia, Stephanie Susilo mengatakan pihaknya bangga bisa secara resmi bekerjasama dengan Tokopedia, beserta para pemangku kepentingan dan seluruh karyawan. "Kami memandang momen ini sebagai sebuah capaian penting dalam mewujudkan komitmen kami berkontribusi lebih jauh untuk Indonesia, para pelaku UMKM, dan pertumbuhan ekonomi digital bersama dengan GoTo sebagai mitra kami," ujarnya.

Melalui kemitraan ini, TikTok akan menginvestasikan lebih dari US$1,5 miliar, sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional bisnis Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia.