Logo Bloomberg Technoz

Lepas Tokopedia, GOTO Langsung Catatkan Rugi Rp88 T

Mis Fransiska Dewi
01 February 2024 07:47

GOTO Gojek Tokopedia. (Dok: Bloomberg)
GOTO Gojek Tokopedia. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk melaporkan proforma keuangan setelah sayap e-commerce Tokopedia diakuisisi oleh TikTok. Hasilnya GOTO mencatatkan rugi periode berjalan pada Januari-September 2023 sebesar Rp88,05 triliun.

Ini merupakan rekor rugi terbesar yang pernah dialami oleh perusahaan di Bursa Efek Indonesia (BEI), meskipun terjadi bukan karena operasional usaha.

Dalam Keterbukaan Informasi di BEI, GOTO melaporkan kerugian yang diasosiasikan dengan hilangnya pengendalian atas Tokopedia mencapai Rp80,29 triliun dalam proforma kinerja keuangan kuartal III-2023. Sementara itu, rugi usaha pada kuartal III tercatat Rp6,33 triliun.

"Grup GOTO melibatkan penilai independen, untuk mengukur aset teridentifikasi yang diperoleh dari transaksi ini. Pada tanggal otorisasi informasi keuangan konsolidasian interim proforma ini, akuntansi awal untuk transaksi ini belum selesai dikarenakan laporan valuasi atas aset belum diselesaikan," tulis informasi dari GOTO.

Sebagian besar dari kerugian yang dialami GOTO tercatat hanya di atas kertas karena pembalikan goodwill akibat dekonsolidasi Tokopedia. Nilai goodwill Tokopedia muncul ketika Gojek dan Tokopedia merger pada 2021 lalu. Kala itu nilai goodwill Tokopedia dicatatkan Rp93,8 triliun.