Logo Bloomberg Technoz

“Sebenarnya pengunduran diri Mahfud MD kurang terlalu berpengaruh ke ekonomi, karena pos menteri yang satu itu memang tidak terlalu menjadi concern dunia usaha atau-pun investor,” terangnya.

Ronny juga menegaskan, rencana investasi atau ekspansi investasi bisa saja tertunda sampai muncul kepastian tentang siapa pengganti Jokowi dan seperti apa platform ekonominya nanti.

“Arti lainya, target investasi di tahun 2024 bisa semakin sulit tercapai, yang ujung nya bisa berlanjut ke target pertumbuhan ekonomi kuartal I dan II tahun ini yang sulit dikejar,” katanya.

Ia kembali menerangkan, bahwa sejak awal Mahfud MD dinyatakan sebagai calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 3 bersama calon presiden (Capres) Ganjar Pranowo, posisi Menko Polhukam tidak begitu aktif seperti sebelum ia menjadi cawapres. Meskipun begitu, ia mengatakan bahwa dampaknya terhadap pasar masih sama saja.

“Bahkan, sejak akhir tahun lalu di mana Mahfud MD dinyatakan sebagai cawapres Ganjar,  pos Menkopolhukam nyaris kurang terlalu aktif layaknya sebelum beliau menjadi cawapres. Namun imbasnya ke pasar sama saja,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Mahfud MD mengklaim sudah siap meninggalkan Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi). Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 03 ini tinggal menyampaikan surat pengunduran dirinya secara langsung kepada Jokowi.

“Saya juga telah mengemas seluruh barang pribadi, dan telah siap keluar dari rumah dinas dan melepaskan seluruh fasilitas negara,” kata Mahfud MD seperti dilansir TPN Ganjar-Mahfud, Rabu (31/1/2024).

Dia mengklaim, keputusannya meninggalkan jabatan Menko Polhukam sebagai komitmen terhadap independensi pemerintah pada Pemilu 2024.

(azr/lav)

No more pages