Logo Bloomberg Technoz

Tak Jadi Gratisan, Program Kompor Listrik Bakal Berupa Insentif

Sultan Ibnu Affan
31 January 2024 17:15

Ilustrasi kompor listrik. (Envato/Sonyachny)
Ilustrasi kompor listrik. (Envato/Sonyachny)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberi kabar terbaru soal rencana pemerintah yang bakal kembali memberlakukan program konversi kompor listrik induksi, yang menyasar masyarakat kelas menengah hingga kelas atas atau orang kaya.

Meski saat ini belum dipastikan kelanjutannya, Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi mengatakan pemerintah memang berencana memberikan insentif dalam program itu.

"[Rencana membagikan gratis] belum ada. Namun, [kalau] memang memberikan insentif [ada]. Kalau pembagian [gratis] enggak ada. Masak orang kaya mau dibagi," ujar Agus saat ditemui di Jakarta, Rabu (31/1/2024).

Ilustrasi kompor listrik. (Envato/balls340)

Dewan Energi Nasional (DEN) sebelumnya mengumumkan pemerintah berencana membagikan kompor listrik yang akan dimulai sebanyak 500.000 unit tahun ini, dengan target mencapai 700.000 rumah tangga (RT) pada 2025, yang menyasar kepada masyarakat kelas atas.

"Ini untuk mengurangi impor LPG. Kami yakin kalau tahun ini bisa distribusi 500.000, maka 700.000 kami juga cukup optimistis," ujar Sekretaris Jenderal DEN Djoko Siswanto dalam konferensi pers belum lama ini.