Logo Bloomberg Technoz

250 Ribu Lowongan CPNS Kerja di IKN Dibuka untuk Para Gen Z

Azura Yumna Ramadani Purnama
31 January 2024 10:10

Ilustrasi tes CPNS. (Dok. Humas BKN)
Ilustrasi tes CPNS. (Dok. Humas BKN)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan pemerintah sedang mematangkan rencana penempatan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Seleksi CPNS dimulai Maret.

Anas menyampaikan, saat ini pemerintah masih menyusun skenario terkait rencana pemindahan ASN ke IKN secara menyeluruh. Adapun, pada tahun ini seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan membuka kesempatan bagi 250 ribu lulusan baru untuk nantinya ditugaskan di IKN, yang proses seleksinya akan dimulai pada bulan maret mendatang.

“Termasuk formasi pemerintah pusat sebanyak 250 ribu fresh graduate buat IKN termasuk dipilih talenta-talenta digital yang rencananya maret akan mulai tes untuk mereka,” ujar Anas kepada wartawan di kantor Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Selasa (30/1/2024).

Ia menerangkan, bahwa nantinya para ASN yang ditugaskan di IKN dapat bekerja menggunakan sistem SMART ASN, yakni sebuah sistem yang mengintegrasikan layanan SSN ke dalam satu sistem. Namun, saat ini pemerintah masih mematangkan sistem pengintegrasian tersebut.

“Untuk sementara SSO-nya untuk IKN, sehingga ASN segera membuat identitas kependudukan digital. Nanti SSO-nya menggunakan itu sambil yang lain selesai dalam rangka mereka untuk mendapatkan layanan mulai e-kinerja, kenaikan pangkat, pensiun, termasuk pembelajaran, diklat dan lain-lain, itu bisa diintegrasikan,” ujarnya.