Logo Bloomberg Technoz

Menurut para analis, langkah ini dipicu oleh penarikan dana nasabah dalam jumlah besar dari SVB karena industri startup yang terpuruk. SVB juga memperkirakan penurunan pendapatan bunga bersih yang lebih tajam.

Kondisi ini telah membuat tokoh venture capital (VC) ternama, termasuk Peter Thiel dari Founders Fund, Coatue Management, dan Union Square Ventures, yang menurut beberapa sumber, menginstruksikan perusahaan-perusahaan portofolionya untuk membatasi eksposur dan menarik uang mereka dari SVB.

Perusahaan VC lain telah meminta perusahaan-perusahaan portofolionya untuk setidaknya mengalihkan sebagian dari uang tunai mereka dari SVB, sementara beberapa lainnya telah mengindikasikan bahwa mereka akan tetap mendukung SVB.

Apa pengaruhnya terhadap SVB?

Saham SVB telah anjlok 60% hingga Kamis (9/3/2023) dan penurunan harga obligasinya mencatatkan rekor baru. CEO SVB Greg Becker dalam conference call dengan klien bank, termasuk para investor venture capital dan mendesak mereka untuk "tetap tenang" dalam upaya mencegah penarikan dana dalam jumlah besar lainnya.

Bagaimana Dampak SVB menyebar?

Persoalan di SVB ini bertepatan dengan penutupan tiba-tiba Silvergate Capital Corp., dua kejadian ini menyebabkan goncangan di industri perbankan dan pasar saham. Indeks Bank KBW, yang merupakan tolok ukur saham perbankan di Wall Street merosot 7,7%, penurunan terbesar dalam hampir tiga tahun ini.

Harga saham bank-bank besar AS termasuk Bank of America Corp., Wells Fargo & Co. dan JPMorgan Chase & Co. semuanya turun setidaknya 5%, saham bank-bank Asia kemudian mengikuti.

Siapa klien SVB?

SVB sangat tersohor di industri startup AS, sebagai satu-satunya bank publik (sahamnya tercatat di bursa saham) yang berfokus pada perusahaan Silicon Valley dan startup teknologi.

Menurut situs perusahaan, SVB berbisnis dengan hampir setengah dari startup yang didukung venture capital AS, dan 44% perusahaan teknologi dan health-care yang listing di bursa AS tahun lalu. Mereka mencantumkan Pinterest Inc.t, Shopify Inc. dan perusahaan keamanan siber CrowdStrike Holdings Inc. di antara nama-nama besar yang telah dilayaninya.

Apa yang bisa terjadi selanjutnya?

Startup-startup yang telah menarik dana dari SVB sedang mencari bank lain sebagai tempat memarkir dananya. Sementara investor di perusahaan keuangan mengamati dengan seksama bank-bank lain yang mungkin juga terpengaruh kasus SVB.

Masih belum jelas apa yang akan terjadi ketika bursa saham AS dibuka kembali. Pendiri Pershing Square Holdings Ltd. Bill Ackman telah mengusulkan dana talangan pemerintah AS untuk menyelamatkan SVB.

Apa skenario terburuknya?

Skenario terburuk untuk bank mana pun adalah kekurangan dana operasi atau menderita kerugian yang mengikis modalnya, mendorong regulator untuk menjual bank tersebut ke saingan yang lebih kuat atau menutupnya. Tetapi penjualan saham SVB seharusnya membantu mencegah hal itu. Kita tunggu saja kelanjutannya. Waktu akan berbicara.

(bbn)

No more pages