Logo Bloomberg Technoz

Perancis: ECB Bisa Pangkas Suku Bunga Kapan Saja Tahun Ini

News
28 January 2024 12:38

Gedung ECB (Sumber: Bloomberg)
Gedung ECB (Sumber: Bloomberg)

William Horobin dan Jenny Che - Bloomberg News

Bloomberg, Bank Sentral Eropa atau European Central Bank (ECB) berpotensi memangkas suku bunga kapan saja tahun ini dan semua opsi terbuka pada pertemuan mendatang, kata Anggota Dewan Pengurus Francois Villeroy de Galhau.

ECB berada di jalur yang tepat untuk menghadapi inflasi karena kenaikan suku bunga deposito ke rekor 4% telah memainkan peran yang sangat signifikan dalam memoderasi inflasi, kata petinggi bank sentral Perancis tersebut.

“Kami akan menurunkan suku bunga kami tahun ini,” kata Villeroy dalam wawancara dengan surat kabar Minggu Prancis, La Tribune Dimanche. “Mengenai tanggal pastinya, tidak ada yang dikecualikan, dan semuanya akan terbuka pada pertemuan kami berikutnya.”

Komentar tersebut terdengar bernada dovish setelah ECB memutuskan untuk mempertahankan suku bunganya pada hari Kamis. Meskipun Gubernur ECB Christine Lagarde tidak terlalu kuat melawan perkiraan pasar mengenai penurunan suku bunga di musim semi, lembaga tersebut tidak memberikan panduan formal apa pun dan pembuat kebijakan lainnya telah mengambil sikap yang lebih hati-hati.