Logo Bloomberg Technoz

ESDM Pastikan Pabrik Baterai Hyundai Mulai Produksi April 2024

Dovana Hasiana
26 January 2024 18:00

Hyundai (Sumber: Bloomberg)
Hyundai (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan pabrik baterai mobil listrik PT Hyundai LG Industry (HLI) Green Power di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat bakal beroperasi pada April 2024.

Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Percepatan Pengembangan Industri Sektor ESDM, Agus Tjahajana mengatakan, saat ini pabrik tersebut sudah rampung lebih dari 90%.

“Sudah hampir jadi, produksinya tahun ini mungkin April ya. Sudah 90% lebih, sudah hampir jadi. Pabriknya di Karawang, Jawa Barat,” ujar Agus saat ditemui di kantornya, Jumat (26/1/2024).

Sebelumnya, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan investasi pabrik sel baterai untuk kendaraan listrik senilai US$3,1 miliar atau Rp45,88 triliun, yang terintegrasi dengan proyek Grand Package hulu-hilir baterai. 

Penampakan mobil produksi Hyundai Motor Co di pelabuhan. Fotografer: SeongJoon Cho/Bloomberg


Fasilitas produksi yang saat ini telah terbangun di Karawang New Industry City (KNIC) merupakan fase pertama dari dua fase yang telah direncanakan oleh PT HLI Green Power.