Logo Bloomberg Technoz

Gempa Bumi Magnitudo 5,6 Guncang Laut Flores NTT

Redaksi
25 January 2024 20:25

Jalan rusak akibat gempa bumi di Nanao, Prefektur Ishikawa, Jepang, Selasa dini hari (2/1/2024). (Soichiro Koriyama/Bloomberg)
Jalan rusak akibat gempa bumi di Nanao, Prefektur Ishikawa, Jepang, Selasa dini hari (2/1/2024). (Soichiro Koriyama/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa tektonik magnitudo 5,6 mengguncang Laut Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Kamis (25/1/2024) pukul 19.24 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,26° LS ; 121,17° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 48 Km arah Barat Laut Mbay, NTT pada kedalaman 10 Km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Naik Flores (Flores Back Arc Thrust)," ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangan tertulis, Kamis (25/1/2024).

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Gempa bumi berdampak dan dirasakan di daerah Ruteng, Waingapu, Bajawa, Ende, Maumere, Labuan Bajo dengan skala intensitas III MMI, yaknigGetaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu. Selain itu, daerah Kupang dengan skala intensitas II MMI, yakni getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.