Logo Bloomberg Technoz

Gempa Magnitudo 7 Guncang Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara

Redaksi
09 January 2024 07:30

Peta lokasi gempa di Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (DOK Badan Geologi Kementerian ESDM)
Peta lokasi gempa di Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (DOK Badan Geologi Kementerian ESDM)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa tektonik berkekuatan magnitudo 6,7 mengguncang wilayah Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, pada Selasa (9/1/2024) sekitar pukul 03.48 WIB.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 6,7. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 4,92° LU ; 126,33° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 97 Km arah Barat Laut Kota Melonguane, Sulawesi Utara pada kedalaman 97 km," demikian tertulis dalam keterangan resmi BMKG.

Hasil pemantauan BMKG hingga pukul 04.15 WIB menunjukkan adanya satu aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock dengan magnitudo M 4,8.

Dijelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas deformasi batuan dalam Lempeng Laut Maluku. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik atau oblique thrust.

Gempa bumi ini dirasakan di Kota Kepulauan Sangihe dan Kepulauan Talaud  dengan skala intensitas skala intensitas IV MMI, yakni bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah. Kemudian, dirasakan pula di Bitung, Halmahera Utara dan Manado dengan skala intensitas II-III MMI, atau getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu.