Logo Bloomberg Technoz

iPhone Masih Jadi yang Terlaris di China

News
25 January 2024 17:00

iPhone. (Dok: Bloomberg)
iPhone. (Dok: Bloomberg)

Vlad Savov—Bloomberg News

Bloomberg, Meski masuk ke periode menantang, dengan ada upaya pembatasan pemakaian perangkat asing di sebagian wilayah China, smartphone iPhone tetap menjadi yang terlaris.

Produk andalan Apple Inc, iPhone sepanjang tahun lalu jadi HP ponsel cerdas paling laris, menunjukkan sebuah penampilan yang sangat kuat dalam menghadapi persaingan lokal yang ketat. Sepanjang kuartal keempat iPhone memimpin dalam peringkat pengiriman perangkat, berdasarkan data periset International Data Corporation (IDC).

Hal ini terjadi setelah beberapa analis, termasuk Jefferies, mengatakan bahwa penjualan iPhone merosot pada kuartal keempat karena berkurangnya antusiasme terhadap perangkat keras generasi terbaru perusahaan asal Cupertino, California tersebut. China adalah pasar HP ponsel terbesar dunia, dan kontribusi iPhone merupakan paling tinggi di luar AS.

Grafik data penjualan HP Ponsel Pintar China. (Dok: Bloomberg)

IDC mencatat meningkatnya persaingan dari merek-mereka lokal seperti Huawei Technologies Co terus terjadi dan semakin sengit, namun diskon dan promosi yang tepat waktu membantu mengurangi kerugian Apple.