Logo Bloomberg Technoz

Keberhasilan pada kuartal keempat sebagian besar adalah masalah penurunan yang lebih sedikit dibandingkan para pesaing, data IDC menunjukkan.

Untuk tahun ini, penurunan 2,2% Apple pada tahun 2023 lebih baik daripada saingan lokal seperti Honor Device Co. dan Vivo—yang keduanya mengalami penurunan dua digit — dan penurunan 5% secara keseluruhan dalam pengiriman.

Tahun ini menandai volume smartphone terendah di China dalam satu dekade. Pemulihan ekonomi yang lambat dan sentimen konsumen yang lemah jadi alasan, menurut ID

 Tahun ini juga disorot oleh kembalinya Huawei ke posisi teratas dengan seri Mate 60, melambungkannya kembali ke lima besar produsen di China pada kuartal liburan, dengan lonjakan pengiriman sebesar 36%.

Etalase penjualan iPhone 15. (Dok: Bloomberg)

“Naiknya Apple ke posisi teratas pada tahun 2023, terutama mengingat persaingan baru dari Huawei dan sentimen belanja yang lemah, menandai kesuksesan yang luar biasa,” kata analis riset IDC Arthur Gao.

“Apple mencapai hal ini berkat promosi harga yang tepat waktu di saluran pihak ketiganya, yang mendorong permintaan.”

Apple juga merebut juara sebagai penjual smartphone terbesar di dunia pada tahun 2023. Memang penjualan iPhone namun jauh lebih baik dari Galaxy milik Samsung Electronics Co.

Produk iPhone 15 ke depan menghadapi hambatan dalam mempertahankan permintaan di China, di mana para analis memperkirakan penjualan akan terus melemah.

Badan-badan dan perusahaan-perusahaan China yang didukung pemerintah memerintahkan para stafnya untuk berhenti membawa iPhone dan perangkat-perangkat asing lainnya ke tempat kerja.

Hal yang memperluas larangan-larangan terhadap teknologi-teknologi seperti itu di sektor-sektor yang sensitif.

(bbn)

No more pages