Logo Bloomberg Technoz

Mobil Listrik Otonom Apple Mulai Debutnya di Tahun 2028

Redaksi
24 January 2024 09:25

Pelanggan mengantre di luar toko Apple Inc. pada hari pertama penjualan iPhone 15 di Shanghai, China, Jumat (22/9/2023). (Bloomberg)
Pelanggan mengantre di luar toko Apple Inc. pada hari pertama penjualan iPhone 15 di Shanghai, China, Jumat (22/9/2023). (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rencana Apple Inc menghadirkan produk kendaraan listrik (electric vehicle/EV) otonom lewat tajuk “Apple Car” kabarkan mundur hingga tahun 2028. Apple beralih ke desain yang tidak terlalu ambisius dengan tujuan akhirnya membawa kendaraan listrik ke pasar.

Apple yang telah mencapai titik akhir dalam upayanya selama satu dekade menciptakan mobil listrik otonom, kini perusahaan memilih mengerjakan EV dengan fitur yang lebih terbatas, menurut orang-orang yang mengetahui proyek tersebut, dilaporkan Bloomberg News, Selasa (23/1/2024).

Apple Car masih menjadi misteri meski perusahaan dikabarkan telah menggelontorkan dana US$1 miliar untuk pengembangan proyek Titan sejak tahun 2010-an. Demi mewujudkan proyek Apple bahkan merekrut talenta-talenta terbaik dari bidang otomotif dan baterai, termasuk mantan karyawan Tesla.

Fitur Apple Car awalnya dirancang untuk memenuhi standar swakemudi level 4, lewat sistem yang memanjakan pengguna di jalan raya. Namun ini terlalu ambisius. Kini targetnya hanya menghadirkan sistem kendaraan otonom level 2+ — mencakup dukungan kemudi, akselerasi, mengeraman, namun pemilik tetap memegang kendali atas mobil tersebut dan tetap memerhatikan jalan.

Dengan target terbaru proyek Apple Car berpeluang akan diperkenalkan pada tahun 2028, mundur dua tahun dari rencana awal. Jika perusahaan tidak mampu menghadirkan kendaraan listrik dengan rangkaian fitur ini, para eksekutif mungkin akan “secara serius mempertimbangkan kembali keberadaan proyek tersebut.”

Apple Park. (Dok: Bloomberg)