Logo Bloomberg Technoz

FAA Perintahkan Boeing Stop Produksi Pesawat 737 Max

News
25 January 2024 09:50

Boeing 737 Max 9. (Sumber: Bloomberg)
Boeing 737 Max 9. (Sumber: Bloomberg)

Ryan Beene dan Julie Johnsson - Bloomberg News

Bloomberg, Regulator penerbangan Amerika Serikat (AS) memerintahkan Boeing Co untuk menghentikan peningkatan laju produksi lebih lanjut untuk pesawat Boeing 737 Max. 

Menurut pernyataan yang dirilis Rabu (24/1) malam, Administrasi Penerbangan Federal AS (Federal Aviation Administration/FAA) mengatakan mereka telah memberi tahu Boeing tidak akan mengizinkan peningkatan produksi lebih lanjut. Pada saat yang sama, FAA juga menyetujui prosedur pemeriksaan yang harus dilakukan maskapai penerbangan agar Boeing 737 Max dapat melanjutkan penerbangan setelah dihentikan.

Tindakan FAA membuat Boeing tidak dapat meningkatkan produksi jet andalannya di masa mendatang, pada saat maskapai penerbangan menuntut produksi pesawat baru guna memenuhi permintaan perjalanan udara yang melonjak. 

Karyawan berada di pesawat Boeing 737-10 Max dalam ajang Paris Air Show di Le Bourget, Paris, Prancis, Senin (19/6/2023). (Nathan Laine/Bloomberg)

Ini terjadi beberapa hari sebelum CEO Boeing Dave Calhoun menetapkan target tahunan untuk pengiriman Boeing 737, sebuah langkah yang diawasi ketat oleh investor, dengan laporan pendapatannya pada 31 Januari.