Logo Bloomberg Technoz

Dipandang Unggul di Teknologi AI, Valuasi Microsoft Sentuh US$3 T

News
25 January 2024 04:55

Apple dan Microsoft Salip Menyalip Dalam Hal Kapitalisasi Pasar Terbesar Dunia per 13 Januari 2024. (Dok: Bloomberg)
Apple dan Microsoft Salip Menyalip Dalam Hal Kapitalisasi Pasar Terbesar Dunia per 13 Januari 2024. (Dok: Bloomberg)

Ryan Vlastelica—Bloomberg News

Bloomberg, Microsoft Corp secara singkat mencapai valuasi pasar US$3 triliun (sekitar Rp46,5 kuadriliun ) pada Rabu (24/1/2024) waktu setempat. Optimisme AI generatif mengangkat posisi Microsoft.

Capaian yang menjadi sejarah ini merupakan sebuah sinyal terbaru tentang bagaimana optimisme terhadap kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) telah mendorong kemajuan yang tampaknya tak terbendung pada raksasa perangkat lunak ini.

Saham Microsoft naik sebanyak 1,7% menjadi US$405,63 (sekitar Rp6,2 juta), membawa kapitalisasi pasarnya lebih dari US$3 triliun selama jam buka pasar. Namun, saham ini ditutup naik hanya 0,9%, berakhir dengan valuasi US$2,99 triliun (sekitar Rp46,3 kuadriliun).

Meskipun ambang batas tidak tercapai, hal ini mengukuhkan status Microsoft sebagai salah satu saham publik terbesar. Perusahaan ini sempat melampaui Apple Inc - yang tahun lalu menjadi perusahaan pertama yang mencapai US$3 triliun - namun kemudian turun kembali di bawah pembuat iPhone tersebut. Apple ditutup dengan valuasi pasar US$3,01 triliun.