Logo Bloomberg Technoz

Berkah Microsoft Usai Sam Altman Dipecat dari Jabatan CEO

News
21 November 2023 20:50

Founder OpenAI, Sam Altman. (Dok: Bloomberg)
Founder OpenAI, Sam Altman. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg, Saham Microsoft telah mencapai rekor tertinggi pasca keputusan perusahaan meng-hire Sam Altman, CEO OpenAI yang dipecat dewan direksi, juga figur penting lain di perusahaan pencipta OpenAI ini.

Microsoft merupakan investor utama OpenAI, yang menurut data Bloomberg, memiliki saham sekitar US$10 miliar (sekitar Rp156 triliun). Microsoft merupakan perusahaan dengan kapitalisasi pasar kedua terbesar di dunia setelah Apple Inc.

Nilai Microsoft tercatat hingga 21 November mencapai lebih dari US$2,8 triliun, mengalami kenaikan US$1 triliun sejak awal tahun. CEO Microsoft Satya Nadella, sebelumnya mengumumkan bahwa Altman, yang mengepalai proyek tim riset AI perusahaan sesaat kabar pemecatannya dari kursi CEO  OpenAI pada Jumat minggu lalu. 

Altman kembali bermitra dengan sesama pendiri OpenAI, Greg Brockman. “Kami sangat senang berbagi berita bahwa Sam Altman dan Greg Brockman, bersama dengan rekan-rekannya, akan bergabung dengan Microsoft untuk memimpin tim riset AI canggih yang baru," tulis Nadella di X.

"Kami berharap dapat bergerak cepat untuk menyediakan sumber daya yang dibutuhkan untuk kesuksesan mereka."