Logo Bloomberg Technoz

Microsoft Perkasa, Salip Apple Jadi Perusahaan Paling Bernilai

Redaksi
16 January 2024 12:45

CEO Microsoft Satya Nadella bersama Founder OpenAI Sam Altman. (Dok: Bloomberg)
CEO Microsoft Satya Nadella bersama Founder OpenAI Sam Altman. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg,  Raksasa teknologi produsen perangkat lunak atau software Microsoft Corp kini menyandang perusahaan paling bernilai di dunia. Microsoft menyalip Apple dalam persaingan kapitalisasi pasar.

Microsoft tercatat memiliki kapitalisasi pasar US$2,89 triliun (sekitar Rp44,79 kuadriliun) usai pada akhir minggu lalu mencatatkan kenaikan saham 1% menjadi US$388,47 (Rp6 juta).

Apple pada periode yang sama hanya mengalami kenaikan 0,2% dari menutup dengan kapitalisasi pasar US$2,87 triliun (sekitar Rp44,48 kuadriliun). Apple juga tengah menghadapi lesunya penjualan salah satu produk andalan perusahaan, iPhone 15.

Pada pengumumannya belum lama ini, Apple memberi diskon sekitar Rp1 juta untuk seluruh model iPhone 15, perangkat yang belum satu tahun rilis—termasuk beberapa produk lain seperti  iPhone 13 MacBook Air, sebagian besar model iPad, beberapa AirPods dan Apple Watch SE, menurut situs webnya. 

Dengan kekhawatiran bisnis Apple yang menantang, membuat saham perusahaan terbebani dalam beberapa minggu terakhir. Aksi salip Apple terjadi untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua tahun terakhir.