Logo Bloomberg Technoz

Badai PHK Masih Berlanjut, eBay Pangkas 1.000 Karyawan

News
24 January 2024 20:30

E-commerce Ebay (Dok: Bloomberg)
E-commerce Ebay (Dok: Bloomberg)

Spencer Soper - Bloomberg News

Bloomberg, eBay Inc akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) sekitar 1.000 pekerjaan, atau 9% dari karyawan tetapnya. Mereka juga akan mengurangi ketergantungan pada kontraktor eksternal. Keputusan ini diambil karena mereka menganggap jumlah staf dan pengeluaran telah melampaui pertumbuhan perusahaan.

Platform e-commerce ini mengatakan perlu menjadi "lebih gesit" dalam menghadapi lingkungan ekonomi yang "menantang". Sekitar 4,4% saham perusahaan naik pada perdagangan awal di New York, meskipun harga saham eBay telah turun 13% dalam 12 bulan terakhir.

"Meskipun kami membuat kemajuan terhadap strategi kami, jumlah karyawan dan pengeluaran secara keseluruhan telah melampaui pertumbuhan bisnis kami," kata perusahaan yang berbasis di San Jose, California itu dalam sebuah pernyataan pada Selasa malam. "Untuk mengatasi ini, kami menerapkan perubahan organisasi yang menyelaraskan dan mengkonsolidasikan beberapa tim untuk meningkatkan pengalaman end-to-end, dan memenuhi kebutuhan pelanggan kami dengan lebih baik di seluruh dunia."

Pengumuman ini menandai PHK kedua kalinya di eBay dalam setahun. Platform online tersebut pada Februari 2023 menyatakan akan memangkas sekitar 500 karyawan, atau sekitar 4% dari tenaga kerjanya. Perlambatan belanja konsumen setelah pandemi mendorong booming e-commerce menjadi alasannya.