Logo Bloomberg Technoz

ECB memproyeksikan peningkatan pengangguran tahun ini, tapi masih ada ketidakpastian yang tinggi. ECB akan menunda keputusan pemangkasan suku bunga hingga musim semi karena belum adanya data yang lengkap.

Indeks pelacak upah dan data resmi dari Eurostat akan menjadi faktor penentu dalam keputusan ECB. Para analis memperkirakan penurunan suku bunga pada April, tapi hal ini akan membutuhkan keberanian dari ECB karena data yang diperlukan belum akan tersedia pada saat itu.

Pertumbuhan Upah Kawasan Euro Masih Terlalu Tinggi (Dok: Bloomberg)

Kesepakatan upah di Jerman mengindikasikan adanya tekanan inflasi yang berlanjut, sehingga meningkatkan kekhawatiran tentang kebijakan ECB. Pasar tenaga kerja di seluruh dunia tetap menjadi subjek spekulasi dan faktor lain seperti respons perusahaan terhadap kenaikan gaji juga akan berperan dalam penentuan arah pasar tenaga kerja di masa depan. ECB masih memantau berbagai indikator, termasuk 'pelacak upah' dan situs web pekerjaan Indeed, untuk mendapatkan petunjuk tentang arah gaji.

Dengan demikian, keputusan ECB mengenai pemangkasan suku bunga akan ditunda hingga data yang lengkap tersedia. Penurunan suku bunga di zona euro masih menimbulkan ketidakpastian karena pasar tenaga kerja yang kuat dan faktor-faktor lain yang memengaruhi inflasi.

(bbn)

No more pages