Logo Bloomberg Technoz

Pertahankan Biaya Pinjaman, Bank-bank China Tahan Suku Bunga

News
22 January 2024 15:50

Gedung People's Bank of China (PBOC) di Beijing. (Sumber: Bloomberg)
Gedung People's Bank of China (PBOC) di Beijing. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Bank-bank di China mempertahankan suku bunga pinjaman mereka dalam rangka mempertahankan biaya pinjaman setelah bank sentral melakukan langkah-langkah untuk menjaga biaya pinjaman. Jumlah uang beredar yang tumbuh dengan cepat tidak berkorelasi dengan peningkatan signifikan dalam pinjaman aktual.

Bank-bank komersial di China juga harus menyeimbangkan pelonggaran kebijakan dengan menjaga sistem perbankan yang besar dan melindungi nilai tukar yuan. Bank Sentral AS belum mengindikasikan penurunan suku bunga dalam waktu dekat, yang juga menjadi faktor yang perlu diperhatikan oleh bank-bank di China.

Bank-bank di China mempertahankan suku bunga pinjaman acuan dengan stabil (Dok: Bloomberg)

Para analis memperkirakan bahwa bank sentral China akan melonggarkan kebijakan mereka dengan pemotongan suku bunga atau pemangkasan rasio deposit cadangan yang dikenakan pada bank-bank. Beberapa analis memperkirakan pemangkasan rasio deposit cadangan akan terjadi pada Februari, sementara pemotongan suku bunga pinjaman kebijakan satu tahun diprediksi akan terjadi pada April.

Namun, para ahli juga memperingatkan bahwa penurunan suku bunga hanya merupakan langkah kecil dan langkah-langkah struktural yang lebih luas perlu diambil untuk mengatasi tekanan deflasi dan menjaga stabilitas pasar properti.