Logo Bloomberg Technoz

Bahan Debat Gibran, Isu Greenflation Disorot Bank Sentral Dunia

Wike Dita Herlinda
22 January 2024 11:00

Ilustrasi Investasi. (Image by Nattanan Kanchanaprat from Pixabay)
Ilustrasi Investasi. (Image by Nattanan Kanchanaprat from Pixabay)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Terminologi greenflation mencuri perhatian dalam debat cawapres yang berlangsung antara Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD pada Minggu malam, (21/1/2024).

Gibran tidak mengelaborasi pengertian terminologi asing tersebut, melainkan mengambil contoh dampak sosial dari inflasi, termasuk greenflation atau inflasi hijau, yang menurutnya tercermin pada demo rompi kuning di Prancis, yakni protes masyarakat setempat atas kenaikan harga kebutuhan hidup, termasuk bahan bakar.

“Prof Mahfud, yang namanya greenflation itu inflasi hijau. Itu kita kasih contoh yang simpel aja, demo rompi kuning di Prancis. Itu bahaya sekali. Sudah memakan korban. Nah ini harus kita antisipasi, jangan sampai terjadi di Indonesia. Kita belajar dari negara maju, negara maju aja masih ada tantangan-tantangannya,” ujarnya.

Mahfud pun menolak merespon lantaran menganggap pertanyaan dan pernyataan Gibran receh dan tak lebih dari sekadar gimik tak substansial berkedok terminologi-terminologi asing kekinian. 

Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD saat debat keempat cawapres di JCC, Jakarta, Minggu (21/1/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Fenomena Dunia