Logo Bloomberg Technoz

Harga Komoditas Anjlok Dalam 3 Hari, Saham Energi Terkena Imbas

Muhammad Julian Fadli
09 March 2023 09:46

Ilustrasi Alat Perminyakan di Amerika Serikat (David Paul Morris/Bloomberg)
Ilustrasi Alat Perminyakan di Amerika Serikat (David Paul Morris/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Harga-harga komoditas global mengalami penurunan dalam 3 hari terakhir, seperti harga komoditas minyak mentah, natural gas, emas, perak, tembaga, maupun Crude Palm Oil (CPO). Bahkan ada komoditas yang harganya anjlok mencapai 11%.

Penurunan harga komoditas menyusul sentimen kenaikan suku bunga Bank Sentral AS (The Federal Reserve/The Fed) yang lebih tinggi dari ekspektasi pasar.

Ketua The Fed Jerome Powell memaparkan bahwa pihaknya kemungkinan akan menaikkan suku bunga lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya. Bahkan kenaikan suku bunga bisa lebih cepat jika diperlukan.

Koreksi Harga Natural Gas Dalam 3 Hari Terakhir (Bloomberg)

Dalam rapat The Fed 21-22 Maret 2023 mendatang, memungkinkan kenaikan suku bunga acuan mencapai 50 basis poin (bps). Angka ini lebih tinggi dibandingkan kenaikan 25 bps.

Pernyataan hawkish dari Ketua The Fed kembali membuat para pelaku pasar memilih menempatkan investasinya ke instrumen yang lebih “aman” akan fluktuasi saat ini. Bersamaan dengan terus meningkatkan kekhawatiran atas penurunan permintaan komoditas secara global.