Logo Bloomberg Technoz

Bukan hanya lahan pertanian yang menyusut, kesejahteraan petani juga menjadi tanda tanya. Mayoritas petani adalah petani gurem yang menguasai lahan kecil.

Berdasarkan Sensus Pertanian 2023, Rumah Tangga Usaha Pertanian (RTP) yang menguasai lahan kurang dari 1.000 meter persegi berjumlah 4,34 juta. Porsinya mencapai 70,31%. Mereka adalah petani miskin, yang sulit keluar dari jerat kemiskinan.

Data BPS soal Rumah Tangga Usaha Pertanian (RTP). (Tangkapan layar BPS)

Pada Maret 2022, persentase penduduk miskin di Indonesia tercatat 27,54 juta orang yang mayoritas tinggal di pedesaan. Rumah tangga miskin di pedesaan umumnya memiliki sumber penghasilan utama dari lapangan usaha pertanian. Mayoritas rumah tangga miskin dikepalai oleh seseorang yang bekerja di lapangan usaha pertanian.

“Selain miskin, RTP di Indonesia juga memiliki kendala dalam penyediaan pangan. Sekitar 45% RTP tidak mempunyai ketersediaan pangan yang cukup untuk setahun. Pada 2022, rumah tangga berstatus rawan pangan lebih banyak dialami oleh RTP dibandingkan non-RTP. Hal ini sangat disayangkan mengingat RTP merupakan salah satu produsen pangan,” ungkap riset BPS.

(dov/frg)

No more pages