Logo Bloomberg Technoz

Produsen mobil di negara dengan ekonomi terbesar di Eropa ini bersiap menghadapi tantangan di tahun 2024, dengan melambatnya permintaan dan meningkatnya biaya pembiayaan konsumen yang meningkatkan tekanan untuk mengurangi produksi dan memangkas harga stiker kendaraan. 

Setiap penurunan produksi akan berimbas pada pemasok termasuk Bosch, Continental AG dan ZF Friedrichshafen AG, yang telah berjuang dengan peralihan yang rumit dan mahal ke mobil listrik.

Bosch mengatakan belum ada keputusan akhir yang dibuat tentang jumlah pasti pegawai yang akan di-PHK. Mereka mengesampingkan pengurangan wajib di lokasi Bosch Mobility Jerman hingga akhir 2027. Secara terpisah, perusahaan sedang menyusun rencana untuk memangkas setidaknya 1.500 posisi di dua lokasi di Jerman tahun ini.

Menurut juru bicara dewan pekerja, ZF Friedrichshafen sedang mempertimbangkan untuk menutup dua pabrik di Jerman, memangkas 12.000 posisi dan merelokasi beberapa fungsi ke negara-negara dengan biaya lebih rendah. Continental mempertimbangkan penjualan aset dan memangkas ribuan pekerjaan untuk meningkatkan daya saing unit otomotifnya.

Pertanyaan seputar daya saing Jerman sebagai lokasi industri telah berkembang seiring dengan meningkatnya biaya energi dan krisis anggaran federal.

Handelsblatt melaporkan pengumuman Bosch sebelumnya.

(bbn)

No more pages