Logo Bloomberg Technoz

PM Arab Saudi Mau Bantu Bangun Kembali Gaza, Tapi Ada Syaratnya

Redaksi
19 January 2024 16:30

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (Sumber: Bloomberg)
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pangeran Mohammed bin Salman (MBS), Putra Mahkota sekaligus Perdana Menteri (PM) Arab Saudi, berkomitmen untuk membantu memperbaiki Jalur Gaza yang hancur karena perang antara Israel dan Hamas. Namun, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Apa syaratnya?

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berhasil mendapatkan komitmen MBS tersebut saat berkunjung ke Riyadh beberapa waktu lalu, seperti dilansir NBC News Jumat (19/1/2024), menurut sejumlah pejabat senior pemerintah AS yang enggan disebutkan namanya.

Selain mendatangi Saudi, Blinken juga melakukan serangkaian kunjungan ke negara-negara Arab lainnya ketika perang terus berkecamuk di Jalur Gaza.

Seorang pejabat senior AS mengatakan bahwa pencapaian terbesar Blinken selama perjalanan itu adalah mendapatkan komitmen dari MBS dan empat pemimpin negara Arab lainnya untuk membangun kembali Jalur Gaza setelah perang.

Warga Palestina memeriksa sisa rumah mereka yang hancur akibat serangan Israel di Maghazi, Gaza tengah, Senin (25/12/2023). (Ahmad Salem/Bloomberg)

Para pejabat senior AS mengatakan bahwa MBS bahkan menawarkan untuk normalisasi hubungan dengan Israel sebagai bagian dari perjanjian untuk pembangunan kembali Jalur Gaza. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah lama mengupayakan langkah diplomatik ini.