Logo Bloomberg Technoz

Harga Rumah di China Anjlok, Terbesar Sejak 2015

News
17 January 2024 17:20

Gedung-gedung di China (Dok: Bloomberg)
Gedung-gedung di China (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Harga rumah di China mengalami penurunan terbesar dalam hampir sembilan tahun pada Desember, menyoroti alasan mengapa pemerintah mendukung kota-kota besar untuk mengatasi krisis properti.

Data dari Biro Statistik Nasional menunjukkan bahwa harga rumah baru di 70 kota, kecuali perumahan yang disubsidi pemerintah, turun 0,45% bulan lalu dari November. Ini merupakan penurunan terbesar sejak Februari 2015. Harga rumah bekas juga mengalami penurunan sebesar 0,79%, sama seperti bulan sebelumnya.

Harga properti di China (Dok: Bloomberg)

Penurunan harga properti yang berkelanjutan di China telah menjadi hambatan utama bagi perekonomian dan menimbulkan tekanan pada para pengembang yang sedang berjuang melunasi utang dan menyelesaikan proyek-proyek. Hal ini mengakibatkan berbagai langkah diambil oleh pemerintah untuk mengatasi penurunan ini, termasuk melonggarkan pembatasan pembelian rumah di Beijing dan Shanghai, dua pasar perumahan terbesar di negara ini.

Meskipun langkah-langkah pelonggaran ini telah meningkatkan penjualan di Beijing dan Shanghai, efeknya secara keseluruhan ternyata lebih buruk dari yang diperkirakan. Permintaan tetap lemah dan kepercayaan pada pendapatan rumah tangga yang goyah membuat para pembeli rumah tidak memiliki daya ungkit untuk meningkatkan pasar. Akibatnya, indeks saham pengembang China turun 3,3% setelah data tersebut dirilis, mencapai level terendah sejak Maret 2009.