Logo Bloomberg Technoz

Google Resmi Blokir Binance - Kraken di Playstore HP Android

Muhammad Fikri
16 January 2024 11:15

Ilustrasi Binance. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Binance. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg, Perusahaan teknologi Google lewat toko aplikasinya, Play Store, melakukan aksi bersih-bersih atas banyak aplikasi perdagangan kripto, termasuk Binance di India pada akhir pekan lalu.

Upaya penghapusan merupakan langkah ketat baru dari implementasi web3 yang semakin berkurang di pasar lokal. Nama-nama lain yang tersangkut selain Binance adalah Kraken, Bittrex, Huobi, Gate.io dan Bitfinex. 

Pelarangan ini terjadi dua pekan pasca bursa kripto terbesar di dunia ini ditandai sebagai exchanger yang beroperasi secara ilegal di India. Pemerintah setempat melalui Financial Intelligence Unit (FIU), regulator pemerintah India bidang pengawasan transaksi keuangan, meminta memblokir akses lokal ke situs web mereka, dilaporkan Bloomberg News.

FIU akhir bulan lalu menetapkan sembilan perusahaan kripto tidak patuh akan aturan anti pencucian uang stempat. FIU kemudian meminta memblokir URL dari sembilan entitas tersebut, menurut sebuah pernyataan, dikutip, Selasa (16/1/2024).

Belum lama terdapat aksi migrasi dari pedagang kripto India dari Biannce ke platform lokal India efek dari kebijakan ketat pemerintah setempat. Padahal pada tahun 2022 saat WazirX tidak lagi terafiliasi dengan Binance, platform lokal ini kalah saing.