Logo Bloomberg Technoz

Pemerintah India mengharuskan bursa kripto asing beroperasi memiliki izin. Saat diketahui mereka tanpa memiliki registrasi lokal, exchanger ini dihukum dengan pembatasan akses, termasuk Binance.

Peta persaingan platform perdagangan aset digital di India. (Dok: Bloomberg)

Pada kasus Binance, pengguna akhirnya beralih ke rival domestik seperti WazirX. Banyak dari mereka yang memindahkan deposito dari Binance, menurut para pengguna platform pertukaran aset digital lokal. 

Tidak hanya WazirX yang menyambut baik kebijakan New Delhi, tapi juga CoinDCX dan CoinSwitch Kuber, yang dihantam oleh rezim perpajakan tahun 2022 dan mendorong para pedagang ke bursa luar negeri.

Mereka tampaknya siap untuk mendapatkan keuntungan lebih lanjut setelah App Store Apple Inc minggu ini menghapus aplikasi Binance dan tujuh bursa asing lainnya setelah ada permintaan dari pemerintah India.

Terjadi lonjakan arus dana 250% ke WazirX dalam empat hari pasca  pemberitahuan penyebab kepatuhan India pada 28 Desember kepada sembilan platform luar negeri, dibandingkan dengan empat hari sebelumnya, menurut perusahaan tersebut.

CoinDCX dibuka kembali untuk setoran tepat setelah pengumuman tersebut, dan arus dana mulai mengalir masuk, kata CEO Sumit Gupta.

“Angka-angka yang biasanya kami lakukan dalam tiga bulan, kami dapat merealisasikannya dalam dua minggu terakhir,” kata Edul Patel, chief executive officer platform Mudrex yang didukung oleh Y Combinator, terkait arus masuk deposit dan pengguna baru.

Lebih dari 30.000 pelanggan telah mendaftar di Mudrex sejak 28 Desember, tambahnya.

WazirX dan Mudrex memperkirakan bahwa sekitar 70% dari arus masuk baru mereka berasal dari Binance, sementara CoinDCX menempatkan angkanya sekitar 40%. 

Binance mengatakan bahwa akan “bekerja keras untuk menginformasikan pembuatan kebijakan konstruktif yang berusaha menguntungkan setiap pengguna dan semua pelaku pasar,” mengulangi pernyataan yang dibuatnya setelah penghapusan App Store.

Soal berapa besar arus dana deposito pengguna lama yang keluar, Binance tidak berkomentar.

Perkiraan pangsa pasar di antara bursa yang melayani pedagang kripto di India tidak tersedia. Tetapi dilihat dari unduhan aplikasi, Binance telah menjadi dominan di pasar sejak pajak transaksi yang diperkenalkan pada pertengahan 2022 merusak ekonomi perdagangan di platform lokal.

Gupta dari CoinDCX memperkirakan bahwa pungutan tersebut mendorong sekitar 95% perdagangan India ke tempat luar negeri, karena tidak memiliki kewajiban pungut.

- Dengan asistensi Sidhartha Shukla and Suvashree Ghosh.

(wep)

No more pages