Logo Bloomberg Technoz

BUMN Ungkap Nego Divestasi Vale Sudah Capai Kesepakatan Krusial

Dovana Hasiana
16 January 2024 10:10

PT Vale Indonesia Tbk (Sumber Website Perusahaan)
PT Vale Indonesia Tbk (Sumber Website Perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyebut negosiasi divestasi 14% saham PT Vale Indonesia Tbk  (INCO) kepada PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID) sudah mencapai beberapa kemajuan penting. 

Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Mahendra Sinulingga mengatakan, setidaknya, kedua belah pihak telah sepakat soal hal-hal krusial seperti soal manajemen.

“[Hal] yang pasti kami sudah punya kesepakatan. Kalau nanti BUMN [menjadi pemegang saham] mayoritas, di manajemen, posisinya apa saja, sudah [ada kesepakatan soal itu]. Hal-hal krusial sudah, tinggal masalah harga. Harga belum sepakat karena masih terlalu mahal,” ujarnya saat dijumpai, Senin (15/1/2024).

“Ya dengan kesepakatan manajemen, mayoritas itu kan artinya mengarah ke arah [kesepakatan] juga. Mengarah ke masalah manajemen pembagian jabatan mana saja,” lanjutnya. 

Akan tetapi, dia tidak menampik hingga saat ini negosiasi soal harga saham yang harus didivestasikan masih berlangsung alot karena Vale mematok banderol yang terlalu mahal. Lain sisi, pemerintah menginginkan harga yang lebih kompetitif karena Vale beroperasi di Indonesia.