Logo Bloomberg Technoz

Bantah Kampanye, Alasan Prabowo Hadir di Natal Bersama BUMN

Dovana Hasiana
15 January 2024 18:40

Menag Yaqut Cholil Qoumas (Humas Kemenag RI)
Menag Yaqut Cholil Qoumas (Humas Kemenag RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto hadir sebagai Menteri Pertahanan dalam acara Perayaan Natal Bersama BUMN di Jakarta Convention Centre (JCC). Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas mengklaim sebagai pengundang dan membeberkan alasan kehadiran Prabowo bukan sebagai bagian dari kampanye Pemilu 2024.

"Menhan Prabowo, beliau tadi tanya tapi belum saya jawab. Apa hubungan Menhan dengan Peringatan Natal Bersama?," kata Yaqut, Senin (15/1/2024). 

"Saya akan jawab; sangat terhubung. Berhubungan, karena sistem pertahanan negara kita itu bersifat semesta. Artinya sistem pertahanan itu memiliki ciri-ciri kerakyatan dan kewilayahan. Pada Kerakyatan ada umat beragama."

Sebelumnya, Prabowo juga hadir saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Perayaan Natal Nasional di Surabaya, Jawa Timur. Pada perayaan tersebut, Yaqut dan Menteri BUMN Erick Thohir juga turut hadir menemani presiden dan Prabowo.

Dalam Pemilu 2024, Presiden Jokowi dikabarkan memberikan dukungan kepada paslon nomor urut 02 yaitu prabowo, dan putera sulungnya, Gibran Rakabuming Raka.