Logo Bloomberg Technoz

Korut Kirim Menlunya ke Rusia, Tingkatkan Transfer Senjata

News
15 January 2024 13:05

Kim Jong Un dan Vladimir Putin (Sumber: Bloomberg)
Kim Jong Un dan Vladimir Putin (Sumber: Bloomberg)

Jon Herskovitz - Bloomberg News

Bloomberg, Menteri Luar Negeri Korea Utara (Korut), Choe Son Hui, pergi ke Rusia untuk mempersiapkan kunjungan Presiden Vladimir Putin ke Pyongyang dan meningkatkan transfer senjata antara Korea Utara dan Rusia. Choe akan bertemu dengan Sergei Lavrov, mitranya di Rusia, untuk membahas kerja sama kedua negara. 

Sebelumnya, Rusia telah menerima senjata dan amunisi dari Korea Utara yang digunakan dalam serangan militer Putin di Ukraina. Kedua negara telah membantah tuduhan bahwa senjata tersebut berasal dari Korea Utara.

Kerja sama dengan Rusia akan memberikan keuntungan ekonomi pada Korea Utara yang sedang terkena sanksi internasional, dan membantu rencana Kim Jong Un untuk mengerahkan satelit mata-mata untuk mengawasi pasukan Amerika Serikat di wilayah tersebut.

Program rudal balistik Korut oleh Kim Jong Un (Sumber: Bloomberg)

Pada saat yang sama, Kim Jong Un mengabaikan seruan Amerika Serikat untuk kembali ke pembicaraan mengenai perlucutan senjata nuklir. Dia mungkin melihat sedikit keuntungan dari bantuan ekonomi yang diberikan sebagai insentif untuk melucuti senjata.