Logo Bloomberg Technoz

Korut Kembali Tembakkan Rudal Balistik, Ketegangan Kian Meningkat

News
15 January 2024 06:15

Korut Uji ‘Drone’ Bawah Laut, Bisa Timbulkan 'Tsunami Radioaktif' (Sumber: Bloomberg)
Korut Uji ‘Drone’ Bawah Laut, Bisa Timbulkan 'Tsunami Radioaktif' (Sumber: Bloomberg)

Heesu Lee dan Jon Herskovitz - Bloomberg News

Bloomberg, Korea Utara meluncurkan rudal balistik yang diduga berjenis jarak menengah pada hari Minggu, yang menandai peluncuran pertama mereka di tahun 2024. Peluncuran ini terjadi di tengah janji pemimpin Kim Jong Un untuk meningkatkan kemampuan serangan nuklir negaranya.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan dalam pesan singkat kepada wartawan bahwa rudal tersebut ditembakkan dari daerah dekat Pyongyang menuju perairan di lepas pantai timur dan terbang sekitar 1.000 kilometer. Militer Korea Selatan bekerja sama dengan rekan-rekan mereka dari AS dan Jepang untuk menganalisis detail peluncuran ini.

Rudal balistik jarak menengah dirancang terbang cukup jauh untuk mencapai seluruh wilayah Jepang dan fasilitas militer AS di Guam, tempat Pentagon menyimpan salah satu depot amunisi terbesar Amerika di dunia.

Peluncuran ini terjadi setelah Kim memimpin pertemuan penetapan kebijakan partai di akhir Desember, di mana ia berjanji untuk memperluas persenjataan nuklir Korea Utara. Parlemen Korea Utara, yang dianggap banyak pihak hanya alat formalitas, dijadwalkan bersidang mulai Senin untuk menyetujui kebijakan pemimpin.