Logo Bloomberg Technoz

SAP masuk dalam konsorsium dengan total tujuh investor dalam pendanaan US$500 juta, termasuk didalamnya, Schwarz Group dan unit pemodal ventura Robert Bosch GmbH.

Pada akhir kuartal ketiga SAP menikmati kenaikan harga saham. Ini adalah harga terbesar dalam 11 bulan per Oktober.

Layanan cloud dan proyek yang telah berjalan mengalami kenaikan 19% hingga mencatatkan. Nilai proyek cloud perusahaan tercatat US$13 miliar pada akhir kuartal.

Perusahaan yang berbasis di Walldorf, Jerman ini tengah menjalankan strategi peralihan ke rangkaian produk berbasis cloud baru. Ini bertujuan agar mampu bekerja lebih cepat dengan biaya yang lebih murah untuk pendistribusiaan dan pemeliharaan.

Layanan cloud perusahaan mengalami kenaikan pendapatan menjadi US$3,67 milir atau €3,47 miliar  pada kuartal ketiga, lebih kecil dari  estimasi analis yang disurvei Bloomberg, €3,57 miliar.

Angka penjualan SAP SE akan mencapai €8,65 miliar hingga €8,95 miliar hingga akhir tahun 2023, tidak termasuk beberapa item. Bandingkan dengan estimasi rata-rata analis sebesar €8,55 miliar.

Langkah baru SAP SE, "menunjukkan eksekusi yang kuat dan ketahanan bisnis kami, termasuk pertumbuhan cloud yang berkelanjutan meskipun ada hambatan makro yang terus berlanjut," kata Chief Financial Officer Dominik Asam, menurut pernyataan tersebut.

Untuk diketahui, dalam pola penyuapan, SAP SE melakukan tindakan pemalsuan catatan pembayaran. Hasil investigasi menyebut SAP dan karyawan menyuap dalam bentuk barang mewah, kontribusi politik, dan uang tunai.

Untuk bisnisnya di Indonesia periode penyuapan terjadi selama tahun 2015 hingga 2018. SAP kemudian setuju membayar ganti rugi lebih dari US$220 juta (sekitar Rp3,4 triliun).

“SAP telah menerima tanggung jawab atas praktik korupsi yang merugikan bisnis yang jujur yang terlibat dalam perdagangan global,” kata Jessica D Aber, pengacara AS untuk Distrik Timur Virginia, dalam pernyataannya akhir pekan lalu.

Hal ini bertujuan untuk menyelesaikan kasus atas dua tuduhan konspirasi dan melanggar Undang-Undang Praktik Korupsi Asing. Perusahaan telah menandatangani perjanjian penuntutan yang ditangguhkan selama tiga tahun dengan Departemen Kehakiman AS 

Selain Indonesia, aksi penyuapan juga terjadi di Afrika Selatan. Aksi SAP dilakukan untuk memenangkan bisnis.

- Dengan asistensi Nick Turner.

(fik/wep)

No more pages