Logo Bloomberg Technoz

Setelah pernyataan Lagarde, pasar uang mengubah taruhan mereka pada penurunan suku bunga. Dengan harga 146 basis poin pelonggaran, mereka sekarang dengan tegas mendukung enam pengurangan seperempat poin tahun ini. Ini adalah peningkatan besar dari awal minggu ketika peluang mengarah ke lima langkah tersebut.

Perhatian mereka kemungkinan akan terfokus pada Kepala Ekonom Philip Lane selanjutnya, yang akan berbicara pada Jumat.

Berbicara pada Kamis, Kepala Bank Sentral Kroasia Boris Vujcic mengatakan pasar masih terlalu optimis mengenai waktu pemangkasan pertama. Ia menggemakan pernyataan pada hari sebelumnya dari anggota Dewan Eksekutif Isabel Schnabel, yang menyebut diskusi mengenai topik ini terlalu dini.

Meskipun inflasi tetap berada di bawah 3% bahkan setelah kenaikan pada Desember, para pejabat ECB ingin melihat data kenaikan upah yang baru akan muncul setelah kuartal pertama. Meskipun kemerosotan dalam perekonomian 20 negara dapat mengubah pemikiran mereka, kasus dasar mereka tetaplah soft landing.

Lagarde mengatakan bahwa Eropa tidak berada dalam resesi yang serius dan bahwa hal terburuk dalam perang melawan inflasi telah berakhir.

"Saya rasa kita telah melewati bagian terbesar dan tersulit - kecuali jika kita dihadapkan pada guncangan besar lainnya," ujarnya. "Itu tidak berarti kita akan mengalami penurunan yang mulus."

Lagarde menyoroti gaji. "Upah, dalam hal negosiasi dan perjanjian kerja bersama, sedang dalam proses peningkatan dengan cara yang berada di atas angka inflasi yang kita miliki," katanya. "Kami berada dalam fase mengejar ketertinggalan yang akan tersebar selama dua atau tiga tahun."

Kecuali ada kejutan-kejutan tambahan, biaya pinjaman tidak akan naik lebih tinggi lagi. "Jika kita memenangkan pertempuran melawan inflasi, yang berarti kita memiliki kepastian bahwa inflasi akan berada di 2%, maka suku bunga akan mulai menurun," kata Lagarde.

(bbn)

No more pages