Logo Bloomberg Technoz

Mengenal Investasi ETF Bitcoin, Barang Jualan MI yang Baru

Redaksi
11 January 2024 11:05

Bitcoin. (Dok: Bloomberg)
Bitcoin. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pasca Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) menentang dana yang diperdagangkan di bursa yang berinvestasi langsung di Bitcoin (ETF Spot Bitcoin) lebih dari 10 tahun, regulator Amerika Serikat ini melunak dengan memberi ‘lampu hijau’  atas produk tersebut. Ini menjadikan para manajer investasi ternama AS menjual produk ke pasar yang lebih luas.

Ketua SEC Gary Gensler mengumumkan persetujuannya pasca lembaga yang ia pimpin kalah atas gugatan banding pengadilan federal melawan Grayscale Investments. Pengadilan banding federal telah membatalkan penolakan permohonan Grayscale untuk mengubah trust Bitcoin menjadi ETF.

“Berdasarkan keadaan ini dan yang dibahas lebih lengkap dalam urutan persetujuan, saya merasa jalan yang paling berkelanjutan ke depan adalah menyetujui pencatatan dan perdagangan saham ETP Bitcoin spot ini,” Gensler dalam pernyataan terbarunya, Rabu (10/1/2024).

Campbell Harvey, profesor keuangan di Duke University menyatakan bahwa dengan persetujuan ETF menguntungkan peritel dan institusional tanpa khawatir ada kerumitan dalam hal penyimpanan.

“ETF memudahkan untuk menambah portofolio Anda,” ucap dia.

Produk ETF Bitcoin