Logo Bloomberg Technoz

Masih 8 Bulan, Setneg Mulai Siapkan Upacara 17 Agustusan di IKN

Pramesti Regita Cindy
09 January 2024 17:00

Keterangan Pers Terkait Pelaksanaan Peringatan Kemerdekaan ke-79 RI di IKN, Jakarta, 9 Januari 2024. (Tangkapan Laar Youtube Setpres)
Keterangan Pers Terkait Pelaksanaan Peringatan Kemerdekaan ke-79 RI di IKN, Jakarta, 9 Januari 2024. (Tangkapan Laar Youtube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Sekretariat Negara sudah memulai persiapan pelaksanaan upacara kemerdekaan dan HUT RI ke-79 di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, 17 Agustus 2024. Rapat persiapan sudah dimulai karena acara upacara perdana di IKN tersebut digadang akan setara dengan pelaksanaan konferensi tingkat tinggi (KTT).

“Jadi memang ada ketentuan-ketentuan yang harus dilaksanakan bahwa penyelenggaraannya di IKN, karena kita akan melakukan di sana, tentu saja persiapannya harus dimulai dari sekarang,” kata Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama dalam keterangan pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (9/1/2024).

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, sebagai ketua panitia mengatakan, rapat perdana sudah membahas sejumlah detil pelaksaan upacara kemerdekaan. Dia pun sudah mengundang sejumlah lembaga yang akan terlibat termasuk TNI-Polri.

Selain itu, penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta tersebut juga telah meminta Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) untuk segera membentuk Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Dia menilai, pembentukan Paskibraka tak bisa mengikuti kebiasaan sebelumnya yang baru terjadi sekitar Mei. 

"Sehingga latihannya sudah sedini mungkin,” kata Heru.

Pembangunan istana Kepresidenan di ibu kota negara baru Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara,Kamis (21/9/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)