Logo Bloomberg Technoz

Induk Facebook Mau PHK Lagi, Ribuan Karyawan Terancam

News
07 March 2023 11:46

Meta Platforms Inc. (Sumber: Bloomberg)
Meta Platforms Inc. (Sumber: Bloomberg)

Sarah Frier, Ed Ludlow dan Kurt Wagner - Bloomberg News

Bloomberg - Meta Platforms Inc., induk Facebook dan Instagram, dikabarkan berencana melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) putaran baru yang bakal berdampak pada ribuan karyawan. Menurut sumber tepercaya, pemangkasan ini paling cepat dilakukan minggu ini.

Seperti diketahui, Meta telah melakukan PHK sebanyak 13% dari total karyawannya di bulan November tahun lalu dengan alasan efisiensi pengeluaran. Pada putaran PHK tersebut, Meta memangkas 11.000 pekerja, menjadikannya PHK besar perusahaan untuk pertama kalinya.

Pada Februari Meta juga melakukan beberapa upaya efisiensi lainnya yakni dengan meratakan struktur organisasinya (menghilangkan beberapa jabatan), memberikan paket pesangon (employee buyout/EBO) kepada manajer, dan menghapus jajaran tim yang dianggap kurang esensial. Langkah tersebut dilaporkan masih dalam tahap penyelesaian dan akan memengaruhi ribuan staf perusahaan.

Menurut sumber yang tidak ingin disebutkan namanya, pemotongan ini didorong oleh target keuangan dan tidak ada kaitannya dengan "perataan struktur". Perusahaan telah meminta jajaran direktur dan wakil direktur untuk menyerahkan daftar karyawan yang dapat diberhentikan.

Meta (Sumber: Bloomberg)