Logo Bloomberg Technoz

Boeing Dukung Investigasi Insiden 737-9 Max Alaska Airlines

Delia Arnindita Larasati
08 January 2024 19:44

Pesawat Boeing 737 Max (Bloomberg)
Pesawat Boeing 737 Max (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Boeing mendukung keputusan Badan Penerbangan Federal (Federal Aviation Administration/FAA) AS untuk melakukan pemeriksaan terhadap pesawat tipe 737 Max-9 menyusul insiden Alaska Airlines pada 5 Januari. 

Mereka juga mengatakan akan mendukung penuh investigasi yang dilakukan oleh Dewan Keselamatan Transportasi Nasional (National Transportation Safety Board/NTSB) setelah lepasnya pintu steker (door plug) milik Alaska Airlines 737 Max 9, tak lama setelah lepas landas dari Portland.

"Kami setuju dan sepenuhnya mendukung keputusan FAA untuk mewajibkan pemeriksaan segera pada pesawat 737-9 dengan konfigurasi yang sama seperti yang terdampak," ungkap pihak Boeing dalam rilis resmi perusahaan.

"Selain itu, tim teknis Boeing juga mendukung investigasi NTSB atas insiden pada 5 Januari. Kami akan menjalin dengan regulator dan pelanggan kami," lanjutnya.

Pihak Boeing mengatakan keselamatan penumpan dan awak pesawat tetap menjadi prioritas utama. Mereka juga menyesalkan dampak yang dirasakan oleh para penumpang dan pelanggannya terkait insiden tersebut.