Logo Bloomberg Technoz

Soal Hipertensi yang Bisa Sebabkan Stroke

Septiana Ledysia
08 January 2024 09:20

Ilustrasi dokter. (Hannah McKay/Reuters/Bloomberg)
Ilustrasi dokter. (Hannah McKay/Reuters/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Hipertensi atau tekanan darah tinggi sangat membahayakan. Penyakit ini bisa mengakibatkan muncul penyakit lain seperti jantung dan stroke.

Menurut dokter penyakit dalam RSAB Harapan Kita, dr. Meutia Gebrina, hipertensi seringkali tidak dikenali karena tidak bergejala, tetapi tetap berbahaya karena dapat mengakibatkan berbagai komplikasi. 

“Pengukuran tekanan darah secara berkala adalah cara untuk mendeteksi hipertensi. Segera kendalikan hipertensi bila kita sudah mengenalinya, supaya tidak terjadi berbagai macam komplikasi dan kita dapat menjalani hidup kita dengan kualitas yang baik,” kata dr. Meutia seperti yang dilansir dari situs Kemenkes, Senin (8/1/2024).

Hipertensi bisa terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat dan kondisi kesehatan tertentu seperti obesitas dan diabetes. Penyakit ini tidak bisa sembuh total, namun bisa dikendalikan supaya tidak terjadi komplikasi di tubuh kita. 

Komplikasi penyakit yang bisa terjadi adalah penyakit jantung koroner dan stroke, gagal jantung, gagal ginjal, penyakit vaskular perifer dan kerusakan pembuluh darah retina yang mengakibatkan gangguan penglihatan.

Berikut adalah hal-hal yang harus dilakukan oleh pengidap hipertensi:

  1. Kurangi asupan garam
  2. Perbaiki pola makan
  3. Tingkatkan aktivitas fisik
  4. Tidur cukup
  5. Turunkan berat badan yang berlebih
  6. Konsumsi obat-obatan secara rutin atas petunjuk dokter
  7. Stop merokok dan stop minum alkohol dan jalankan pola hidup sehat
  8. Kontrol ke dokter secara berkala
  9. Pemeriksaan tekanan darah secara mandiri di rumah